Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Sistem Informasi Online

Download File

Informasi Bagi Dosen :

Dokumen Fakultas :

Kebijakan Akademik FT. Untirta PDF Print E-mail
Written by Kurnia Nugraha, ST. MT.   
Friday, 16 July 2010 05:29
Article Index
Kebijakan Akademik FT. Untirta
Page 2
All Pages

 

1. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Pada saat ini pola pembinaan dan pengembangan potensi FT. Untirta difokuskan pada penguatan lembaga pendidikan tinggi (teaching university) yang berfungsi sebagai tempat mencari ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS). Namun demikian seiring dengan tuntutan era globalisasi, FT. Untirta dituntut mampu menjadi kekuatan moral dalam proses pembangunan masyarakat madani yang lebih demokratis, dan mampu bersaing secara global. Dalam Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003-2010, dinyatakan ada 3 kebijakan dasar Pendidikan Tinggi, yaitu: (1) daya saing bangsa (kontribusi produk dan jasa dalam pasar dunia); (2) otonomi (kemandirian pengelolaan sumber daya sesuai azas pengelolaan yang profesional); (3) organisasi yang sehat (kemampuan institusi untuk mengembangkan kebebasan akademik, inovasi, kreativitas dan knowledge sharing). Perkembangan zaman mengharuskan FT. Untirta mengembangkan paradigma akademik baru dalam bentuk kebijakan akademik, yang mampu mengantisipasi perubahan global yang sedang terjadi. Berbagai pandangan, dasar berpikir, pembuatan keputusan dan upaya pengembangan secara sistematik perlu diperhatikan dalam merumuskan arah kebijakan akademik FT. Untirta.

Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) didasarkan atas telaah kritis (critical appraisal) atau bukti ilmiah (evidence-based) yang mengarah ke kompetensi dan dampak produk (products competency and outcome). Pengembangan akademik di FT. Untirta tidak lagi sentralistik (top-down), tetapi mengarah pada otonomi yang berjati-diri. Keberhasilan kinerja diukur dengan mengacu pada RAISE-LEAP (Relevance, Academic atmosphere, Internal management and organization, Sustainability and Efficiency, Leadership, Equity, Accessability, and Partnership). Atas dasar pemikiran ini disusunlah arah penyelenggaraan FT. Untirta dalam bentuk Kebijakan Akademik FT. Untirta. Di dalamnya memuat konsepsi fakultas yang menyeluruh untuk mengelola dan mengembangkan tatanan perangkat keras, perangkat lunak dan sumberdaya manusia yang bermutu sesuai dengan tugas dan kewajiban fakultas, serta mampu menciptakan sistem kerja kolektif dalam pembuatan keputusan dan perencanaan, dalam rangka mencapai dan mewujudkan visi, misi dan tujuan fakultas

1.2. Umum

  • FT. Untirta sebagai bagian masyarakat dunia, mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan global yang berkelanjutan. Bertumpu kepada sistem masyarakat madani, kelestarian hidup yang sejahtera dalam lingkungan yang nyaman, dan penyelenggaran yang baik, melalui berbagai upaya yang disusun secara bertahap dan sistematis, serta menyiapkan sumber daya manusia yang bermutu dalam kehidupan masyarakat.
  • FT. Untirta adalah fakultas berbasis aplikasi teknologi bertugas mengembangkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan menjadi mitra terhormat masyarakat universitas dunia. Menggunakan wibawa akademik dan jati dirinya, menjamin terselenggaranya kebebasan akademik, mimbar akademik dan otonomi keilmuan dengan memperhatikan hak atas kekayaan intelektual (HKI) dan etika keilmuan dengan menghindari terjadinya tindakan tercela.
  • FT. Untirta sebagai fakultas, berpartisipasi aktif dalam gerakan menjaga dan mengembangkan wawasan dan semangat kebangsaan, berdasar kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan persatuan semua unsur bangsa, dalam keberagaman dan kemajemukan nusantara (Bhineka Tunggal Ika).
  • FT. Untirta sebagai fakultas berbasis aplikasi teknologi dan berorientasi kewirausahaan dengan prinsip aksesibilitas dan kesetaraan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berpartisipasi aktif dalam pengentasan kemiskinan melalui gerakan pemberantasan korupsi, kolusi, nepotisme serta tindakan tercela yang lain.
  • FT. Untirta sebagai fakultas berbasis aplikasi teknologi dan berorientasi kewirausahaan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni termasuk kekayaan bangsa yang bersifat spesifik lokal, yang hasilnya dimanfaatkan secara terintegrasi dalam setiap kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  • FT. Untirta melaksanakan pengelolaan otonomi pendidikan tinggi yang akuntabel, berdasar azas keadilan dan keterbukaan, memanfaatkan kecerdasan dan kebijakan kolektif seluruh sivitas akademikanya, dengan sasaran terwujudnya budaya dan sistem mutu menyeluruh.
  • FT. Untirta secara konsisten melakukan: inovasi, integrasi antar bidang dan kelompok bidang ilmu, sinergi lintas bidang, mengembangkan pendidikan dan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi secara bertahap, terstruktur dan berkesinambungan, menuju standar internasional.
  • FT. Untirta mengarahkan penelitian untuk kemajuan IPTEKS, perolehan hak patent, pendidikan dan pengembangan unit bisnis kreatif dan industri dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan.
  • FT. Untirta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kegiatan multidisipliner berdasarkan hasil-hasil penelitian untuk menyelesaikan masalah-masalah aktual, dan kemudian dikembangkan lebih lanjut sebagai program penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

FT. Untirta menyelenggarakan kegiatan akademik dengan jelas dan terkendali, dalam sistem penyelenggaraan universitas yang baik sesuai dengan Rencana Strategis (RENSTRA) lima tahunan. RENSTRA tersebut disusun oleh fakultas bersama semua unit-unit kerjanya secara harmonis dan sinergis, berdasar evaluasi diri, hasil audit, dan benchmarking, serta mempertimbangkan masukan kelompok pemikir.


Last Updated on Tuesday, 15 February 2011 15:15