Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Sistem Informasi Online

Download File

Informasi Bagi Dosen :

Dokumen Fakultas :

Sambutan Dekan PDF Print E-mail
Written by Kurnia Nugraha, ST. MT.   
Thursday, 16 February 2012 18:16

Assalamu alaiikum Wr. Wb.

Puji dan syukur senantiasa dipanjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan Rahmat dan Irodat-Nya melalui website ini komunikasi antara Fakultas Teknik Untirta dengan seluruh civitas akademika dan seluruh stakeholder kami (industri, pemda dan masyarakat umum) dapat terjalin. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami.

Pada saat ini FT. Untirta telah menetapkan Visi "Menjadikan Fakultas Teknik Untirta maju, bermutu dan berkarakter berbasis pengembangan Research bagi Aplikasi Teknologi pada industri dan masyarakat menuju Akreditasi Internasional pada tahun 2025". Visi tersebut merupakan visi yang ambisius dan sangat berat, namun demikian hal ini menjadi motivasi kami untuk bekerja keras meraih target yang telah kami canangkan. Strategi yang kami siapkan dalam mencapai visi tersebut adalah dengan membagi dalam empat periode kepemimpinan manajemen FT. Untirta. Dalam periode kepemimpinan fakultas saat ini (hingga hingga 2015), manajemen fakultas diamanatkan untuk meletakkan dasar dalam menuju Akreditasi Internasional pada tahun 2025.

Dalam rangka meraih visi tersebut, FT. Untirta pada tahun 2012 telah berhasil meraih beberapa prestasi, diantaranya :

  1. Meraih Hibah Bantuan Fasilitasi Kerjasama Internasional Perguruan Tinggi (BFKSI) dari Direktorat kelembagaan dan Kerjasama Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk Program Gelar Bersama (Joint Degree) antara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan SRH University of Applied Science Hamm Germany bagi Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri;
  2. Meraih Rangking 3 dalam lulusan terbanyak yang diterima di PT. Krakatau Posco (Join PT. Krakatau Steel (Persero) dengan Pohang Steel Korea). Adapun rincian jumlah fresh graduate yang diterima adalah ITS (54 org); UI (38 org); Untirta (31 org); UGM (31 org); ITB (30 org).
  3. Meraih Juara I pada Lomba Roket Air tingkat Nasional di Universitas Brawijayan dalam katagori Vertical Louncher.

Hingga saat ini kami tiada henti terus berbenah untuk menata dan memperbaiki diri sehingga dapat mencapai visi yang kami canangkan. Perbaikan yang terus kami lakukan meliputi perbaikan sistem administrasi dan manajemen kelembagaan, proses belajar mengajar, peningkatan kualitas sarana dan prasarana serta meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang kami miliki. Kami terus berkomitmen pada perbaikan kualitas secara berkesinambungan melalui upaya penyusunan prosedur serta melakukan perbaikan terhadap prosedur yang ada. Pada saat ini kami terus berupaya mengoptimalkan peran Tim Penjaminan Mutu dan telah memiliki beberapa dokumen penjaminan mutu. arah penjaminan mutu yang kami canangkan adalah penjaminan mutu akademik internal sehingga standar outcome berupa lulusan kami dapat diterima oleh seluruh stakeholder.

Pada saat ini Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan Program pendidikan S1 untuk enam jurusan sebagai berikut : Teknik Mesin (Terakreditasi B), Teknik Elektro (Terakreditasi C), Teknik Industri (Terakreditasi B),  Teknik Metalurgi (Terakreditasi C), Teknik Kimia (Terakreditasi C), dan Teknik Sipil (Terakreditasi C). Semua jurusan dalam lingkungan FT. Untirta sedang menyiapkan diri untuk melakukan revisi kurikulum berorientasi ABET. Penerapan kurikulum baru ini diharapkan dapat menyempurnakan kurikulum sebelumnya sehingga dapat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan stakeholder. Selain program reguler, kami juga mempunyai program kerjasama dengan industri diantaranya : Cadetshift S1 Teknik Mesin (Kerjasama FT. Untirta dengan PT. BlueScope Steel Indonesia), Program Beasiswa Teknisi Industri Kimia (Tahun ke-15 kerjasama FT. Untirta dengan Asosiasi Industri Kimia Anyer Merak Cilegon Nojonegara AMC//CMA), Program D1 Teknik Pengolahan Air (Kerjasama FT. Untirta dengan PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk), dan Program D1 Teknik Pembangkit dan Distribusi (Kerjasama FT. Untirta dengan PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk).

Sebagai upaya meningkatkan daya saing lulusan maka kami mulai melakukan pembekalan pada alumni yang baru lulus melalui serangkaian up-grading. Tujuan dari kegiatan ini  adalah untuk membuka wawasan lulusan sebelum terjun ke masyarakat umum ataupun industri. Bahkan untuk pengembangan di masa akan datang akan dilakukan program magang industri bagi lulusan terbaik setelah melalui beberapa tahapan up-grading dan seleksi sehingga dapat segera beradaptasi dengan dunia industri.

Terima kasih atas kerja keras seluruh civitas dan staff dalam membenahi fakultas, dan terima kasih serta penghargaan yang tinggi bagi semua pihak atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik, semoga dengan adanya komunikasi yang baik melalui website ini akan terwujud kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.


Wassalamualaikum Wr. Wb.
Dekan Fakultas Teknik Untirta,
Kurnia Nugraha, ST, MT
NIP. 19740104 2001011001
Last Updated on Saturday, 26 January 2013 17:58