Mulai 2022 Digital ID Berlaku secara Bertahap

Digital ID Berlaku secara Setahap Mulai 2022, Dapat Akses Beragam Document Hasil Integratif NIK Digital ID berlaku dengan bertahap Mulai 2022, dapat akses beragam document hasil integratif NIK. Dirjen Dukcapil Kemendagri mengetes coba semenjak 2021. [/H4]
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Bijak Fakrulloh, memberitahukan pemakaian Digital ID di Indonesia lewat account Instagram @dukcapilkemendagri.

Digital ID akan diaplikasikan di semua daerah Indonesia dengan bertahap di 2022.

Ini dilaksanakan untuk menangani kebatasan, misalkan warga susah terhubung internet atau bahkan juga tidak mempunyai Handphone.

Dalam program Digital ID, warga bisa terhubung data keluarga, document kependudukan layaknya KTP electronic dan Kartu Keluarga dan document lain hasil integratif NIK.

Disamping itu, Digital ID sediakan menu untuk terhubung status vaksinasi, Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP), Pemilikan Kendaraan, dan situs identitas Tubuh Kepegawaian Nasional (BKN) untuk PNS.

Simak juga: CARA dan Persyaratan Membuat E-KTP Digital yang Diperlengkapi pakai QR Kode, Berikut Keterangan Selengkapnya

Tes Coba Digital ID tahun 2021

Contoh KTP Electronic. (Tribunenews.com) Awalnya Ditjen Dukcapil sudah lakukan Tes Coba Program SIAK Terkonsentrasi di 58 Kabupaten/Kota untuk memberikan dukungan Program Identitas Digital (KTP Digital).

Berdasar laporan dalam situs Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Bijak Fakrulloh, sudah mempersiapkan pengembangan mekanisme info administrasi kependudukan (SIAK) online dan identitas digital di 2021.

Dia memberitahukan hal itu dalam Rapat Koordinir Nasional (Rakornas) Dukcapil Tahun 2021 pakai topik “Kontributor Dukcapil dalam Memberikan dukungan Vaksinasi Covid-19 dan Penangkalan Stunting Buat Tingkatkan Kualitas Hidup Warga”, di Jakarta, Selasa (30/3/2021).

“Mengenai service SIAK online, akan kita aplikasikan tahun ini minimum 50 kabupaten/kota jadi pilot proyek. Pakai SIAK online, wilayah tak perlu ribet membuat mekanisme online sendiri.”

 

Leave a Comment