Penyampaian Visi Misi 5 Orang Bakal Calon Dekan FT Untirta

Diposting pada

CILEGON-Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melangsungkan penyampaian visi misi calon Dekan FT Untirta periode 2023-2027 di Aula Lantai 2, FT Untirta, Kampus Untirta Cilegon, Kota Cilegon, Rabu 22 November 2023. Penyampaian visi misi ini disampaikan oleh lima calon dekan FT yakni Prof. Jayanudin, S.T., M.Eng., Dr.Eng Hendra, S.T., M.T., Prof. Dr. Ir. Supriyanto, S.T., M.Sc., Dr. Ir. Sirajuddin, S.T., M.T., I.P.U., dan Dr.Eng. Agung Sudrajat, S.T., M.Eng dan disaksikan langsung oleh ketua dan anggota senat, dosen dan tendik di FT Untirta.

Prof. Jayanudin memberikan gambaran bagaimana jika ia menjadi dekan FT seperti penekanan soal atitude dan menelurkan alumni yang berkualitas dengan kecakapan tridharma perguruan tinggi yang mumpuni.

“Kita akan coba susun untuk 100 hari pertama terkait dengan atitude sebagai dosen dan pimpinan di fakultas dan itu diimplementasikan ke maahsiswa sehiggga yang kita hasilkan memiliki alumni yang baik. Saya juga akan coba roadshow ke industri bagaimana tadi untuk menjemput bola. Kita petakan apa yang sudah disampaikan oleh Pak Agung kita buat portofolio keahliannya di mana project apa yang sudah dilakukan dan kita floorkan ke industri,” imbuhnya.

Dr. Hendra dalam penyampaian visi misinya menekankan pada bagaimana peningkatan kesejahteraan seluruh civitas dengan beberapa langkah yang salah satunya adalah bekerja sama dengan industri.

“Kita bekerja sama dengan industri, kita bisa gulirkan dana CSR untuk dana pembangunan dan pengembangan SDM. Kita mencari universitas yang ada baik dalam atau luar negeri tentang bagaimana staf kita supaya bisa lanjut studinya. Kita buat pelatihan sertifikat yang tujuannya untuk mendatangkan income dari luar ke dalam, sebab industri butuh sertifikat untuk melihat kemampuan SDM tersebut dan kita coba akomodir hal  itu. Dalam hal ini sesuai bidang masing-masing di Industri. Kita akan meningkatkan kesejahteraan civitas melalui pengembangan kita bersama,” ujarnya.

Prof. Supriyanto mengatakan, misi dalam memajukan FT Untirta adalah dengan menekankan tiga hal yakni mutu SDM, infrastruktur melalui kelembagaan dan pelayanannya serta mutu tridharma perguruan tinggi yang berkualitas.

“Kita dukung untuk Untirta berdaya saing tingkat global di tahun 2035, mutu SDM dosen dan tendik adalah kuncinya, pelayanan prima menjadi tujuannya. Misi yang kedua kelembagaannya melalui apa melalui infrastrukturnya kemudian pengeloalaannya, untuk menghasilkan kampus yang bersatu. Kemudian yang ketiga kalau SDM oke lembaganya oke yang ketiganya adalah mutu tridharma perguruan tingginya dengan prinsip Untirta JAWARA,” kata Prof. Supriyanto.

Dr. Sirajuddin memberikan gambaran ‘goal standard’ dalam pencapaian keberhasilan FT Untirta adalah dengan model unggul dan berkakrakter JAWARA untuk bersaing di kancah global dengan cara kepemimpinan yang harmonis.

“Kita membuat sebuah model untuk unggul dengan karakter JAWARA, global competitive bisa dicapai dengan model kepemimpinan secara transpormatif kolabolartif dan harmonis bukan instruktif dan otokratif dan bersama sama menyatu. Strateginya adalah bagaimana menanamkan karakater diri kita bahwa kita ini sebagai manusia diciptakan oleh Allah hanya untuk mengabdi dan ikhlas,” imbuhnya.

Sementara Dr. Agung berpandangan bahwa adanya perbaikan infrastruktur itu mampu meningkatkan kualitas SDM secara masif. “Kebutuhan infrastruktur pembangunan dua tower, pengebangan lab, penambahan 50 smart class dan empat working space untuk mahasiswa dan peningkatan infrastruktur IT untuk pengembangan akademik dan penghijauan kampus, revitalisasi untuk labratorium adalah hal yang penting untuk diperhatikan,” yakinnya.

Sumber: https://untirta.ac.id/2023/11/22/lima-calon-dekan-sampaikan-visi-misi-untuk-fakultas-teknik-untirta-periode-2023-2027/